Alumni Undip Jaya : Wartawan Koran Pagi Wawasan, Siti Khajarwati meraih juara II dalam Journalist Writing Contest yang digelar FISIP Undip. Sedang juara I diraih Zuhdiar Laeis dari LKBN Antara dan juara III diraih Hartatik dari Suara Merdeka.

Pemberian penghargaan pemenang diberikan dalam acara Alumni FISIP Undip Awards 2017, yang berlangsung di Hotel MG Setos, Sabtu (9/12) malam. Selain itu, pengharagaan diberikan Ikatan Almuni (IKA), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Undip kepada sejumlah alumni, seperti Mangara Pardede yang kini menjabat Walikota Jakarta Pusat.

Demikian juga kepada Kurniawati Hastuti Dewi alumni yang kini menjadi peneliti di LIPI, Sarwono Sudarto (Direktur Keuangan {PLN), Witjaksono (pengusaha), Yogi Arief Nugraha (Wapimred Kompas TV), Hadi Prabowo (Sekretaris Jenderal Kemendagri).

Dalam kesempatan ini, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Almuni (IKA), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Undip, Semarang, Akhmad Muqowam mengatakan, kerja sama antara almamater dan alumni diharapkan akan lebih meningkatkan eksistensi sebuah organisasi.

”Ditilik dari sudut pandang manapun, sebuah organisasi alumni akan mampu memberikan kemanfaatan horisontal kepada sesama alumni dan almamater, maupun manfaat vertikal bagi kemajuan bangsa dan negara,” demikian dikatakan oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Almuni (IKA), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Undip, Semarang, Akhmad Muqowayang juga Ketua Komite I DPD RI.

Menurut Muqowam, meski belum lama berdiri, namun IKA FISIP Undip telah menunjukkan kiprahnya dan memperkuatr jejaring kerja sama, melalui berbagai kegiatan akademis dan nonakademis (sosial) yang bermanfaat bagi masyarakat.

Hal sama dikatakan oleh Dekan FISIP Undip Dr Sunarto. Menurutnya, IKA FISIP Undip diharapkan bisa lebih berkiprah untuk memberi manfaat baik itu bagi almamater maupun bangsa dan negara. Keberhasilan FISIP Undip tidak hanya berskala regional, namun nasional dan internasional. ”Termasuk menjalin kerja sama dengan media massa di Tanah Air.  Bahkan dalam tahun ini memberi wadah bagi jurnalis dalam lomba journalist writing contest,” tambah Sunarto.

Acara selain dihadiri para alumni dari berbagai angkatan, juga Wakil Rektor III, Dr Budi Setyono PhD. Dia berharap almuni bisa bersinergi bersama-sama memberi masukan untuk membangun Undip. ”Masukan ini penting untuk menjadikan lebih baik kampus kita. Ini mengingat alumni yang kini tersebar di sejumlah kota, tidak sedikit yang mempunyai jabatan penting,” jelas Budi. skh-die

ALUMNI: Wakil Rektor III, Dr Budi Setyono PhD (paing kiri), Dekan FISIP Undip Dr Sunarto (dua dari kiri) dan sejumlah alumni FISIP Undip dalam acara Alumni FISIP Undip Awards 2017, do Hotel MG Setos, Semarang, Sabtu (9/12) lalu. Foto: Siti KH