Alumni UNDIP Jaya : Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar pertemuan akbar para alumni sebagai bagian dari acara peringatan usia yang ke-59 tahun ini.

Selama kurun waktu 59 tahun ini Universitas Diponegoro telah meluluskan lebih dari 170.000 lulusan non gelar, sarjana S1 dan S2 dari berbagai bidang disiplin ilmu di 11 fakultas dan 96 Jurusan dan program studi yang ada.

Dalam rangkaian peringkatan Dies Natalis Universitas Diponegoro tahun ini, pihak Rektorat memberi mandat dan meminta kepada Pengurus ikatan alumni (IKA Undip) untuk menyelenggarakan Reuni Akbar Undip 2016.

Reuni Alumni ini merupakan kali pertama reuni yang akan melibatkan Alumni dari semua Fakultas/ Jurusan yang ada di Undip. Tujuan utamanya adalah menghimpun dan menyatukan para alumni Undip agar bisa bersama menyatukan Visi, pemikiran dan keahlian untuk membangun negara Republik Indonesia, menurut keterangan pers panitia yang ditandatangi oleh Ketua Panitia yang juga Ketua DPD IKA UNDIP Y. Joko Setiyanto  dan diterima redaksi, Minggu (27/11).

Undip didirikam pada 1957 dengan nama Universitas Semarang (swasta) dan sebagai Presiden Universitas pertamanya adalah Imam Bardjo. Pada upacara Dies Natalis ketiga Universitas Semarang tanggal 9 Januari 1960, Presiden Dr. Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang ini menjadi Universitas Diponegoro.

Kemudian sebagai penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasi dalam pembinaan bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah, Universitas (swasta) Diponegoro dinyatakan sebagai Universitas Negeri, terhitung mulai tanggal 15 Oktober 1960. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Diponegoro.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam “Reuni Akbar Undip 2016” antara lain Fun Walk yang dilaksanakan hari Minggu. Start dilakukan dari gedung Menara BTN Jakarta pada jam pukul 07.30 dilepas oleh Bapak Maryono sebagai ketua DPP IKA Undip (Direktur Utama Bank BTN).

Kedua, seminar kemaritiman pada Kamis (1/12) dengan keynote speaker Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Setelah itu diselenggarakan malam temu kangen dan ekspo alumni Undip pada Sabtu (3/12) di Ancol.

Sumber: BeritaSatu.com